Belajar Sambil Mengisi TTS


Metode pembelajaran yang menyenangkan dan penuh kreatifitas selalu menuntut adanya elaborasi dari pendidik. Upaya penggalian kreatifitas sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap daya minat peserta didik. Sebaliknya, suasana belajar yang membosankan dan jauh dari aura kreatifitas akan menimbulkan stagnasi explorasi peserta didik terhadap pelajaran atau materi yang diberikan.


Salah satu metode yang bisa digunakan adalah bermain teka-teki silang. Permainan ini berguna untuk mengasah kecerdasan linguistik dipadukan dengan logika. Linguistik bisa melatih peserta didik dalam memanfaatkan kosa kata, logika untuk menentukan di kotak mana kata (jawaban) tepat untuk diletakkan. Bermain teka-teki silang atau lebih sering dikenal dengan (TTS) juga berfungsi sebagai ice breaker. Peserta didik diajak bermain kuis TTS sambil belajar, dimana kegiatan tersebut masih berhubungan dengan pelajaran yaitu melalui pertanyaan-pertanyaan yang input di dalam kotak jawaban TTS.

Dengan demikian peserta didik pun akan mencari jawaban dengan perasaan senang sehingga dalam keadaan senang peserta didik akan dengan mudah menyerap/menghafal jawaban tersebut, tidak lagi hanya dengan pertanyaan monolog yang disampaikan pendidik kepada peserta didik dengan gaya ceramah.

Berikut adalah salah satu program pembuatan TTS yang bisa digunakan oleh para pendidik. Dalam program yang bisa didownload free di www.eclipsecrossword.com ini kita bisa dengan mudah membuat TTS tanpa mengatur kolom mendatar (across) atau menurun (down) karena kita cukup menginput kata jawaban untuk dikotak TTS serta clue/kata kunci/pertanyaan dari jawaban tersebut. Selanjutnya setelah selesai maka program ini secara otomatis akan mengatur kolom-kolom TTS tersebut. Kemudian TTS tersebut bisa disimpan (jika suatu saat ingin digunakan/diedit), diprint dengan kertas, atau juga disave dengan format .html sehingga peserta didik bisa mengerjakan di computer/laptop seperti mengerjakan soal online.
tampilan setelah selesai diinput secara otomatis terbentuk kotak mendatar dan menurun
menyimpan (save as) dengan format .html untuk mengerjakan di komputer atau laptop

Program TTS eclisecrossword bisa diunduh disini
Selamat mencoba, Salam guru kreatif