IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT


1.   Pegertian iman kepada Kitab-kitab Allah

     Yaitu iman percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada Rasul untuk disampaikan kepada umat manusia

Adapun dalil naqlinya, yaitu:                                    
الم (1) ذلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيْهِ هُدًاى لِّـلْمُتَّقِيْنَ (2) اَلَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلَوةَ وَمِمَّ رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُوْنَ (3) وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالأَجِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَ (4) أُولئِكَ عَلى هُدًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَأُلئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ (5)
“Alif laam miin (1). Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (2). (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka (3). Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat (4). Mereka Itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung (5).” (QS. Al-Baqoroh [2]: 1-5).


Rasulullah SAW juga pernah bersabda dalam ”Hadits Jibril”, yaitu:  
”Hendaklah engkau beriman kepada Alloh, beriman kepada para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para utusan-Nya, hari akhir, dan hendaklah engkau beriman kepada taqdir yang baik dan yang buruk.” (HR. Muslim)

2.   Nama-nama Kitab-kitab Allah

v Zabur, diturunkan kepada Nabi Daud as.

v Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as.

v Injil diturunkan kepada Nabi Isa as.

v Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Allah juga menurunkan shuhuf-shuhuf (lembaran) yang berisi wahyu kepada Nabi Ibrahim as dan Musa as.

3.   Al-Qur’an sebagai Kitab Suci
     Al-Qur’an adalah Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW melalu perantara malaikat Jibril as. dan yang ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah.
     Mukjizat artinya sesuatu yang luar biasa yang tiada kuasa manusia membuatnya karena hal itu adalah di luar kesanggupannya. Mukjizat ini hanya diberikan kepada nabi-nabi untuk menguatkan kenabian dan kerasulannya, dan bahwa agama yang dibawanya bukanlah bikinannya sendiri tetapi benar-benar dari Allah SWT.
     Mukjizat yang terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Al-Qur’an, suatu mukjizat yang dapat disaksikan oleh seluruh umat manusia sepanjang masa karena memang Beliau diutus oleh Allah untuk keselamatan manusia di mana dan di masa apapun mereka berada. Oleh sebab itu, Allah menjamin keselamatan Al-Qur’an sepanjang masa.
إِنَّانَحْنُ نَزَّلْنَاالذِّكْرَ وَإِنَّالَهُ لَحفِظُوْنَ (9)
“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami
benar-benar memeliharanya.” (QS. Al-Hijr [15]: 9).

     Al-Qur’an merupakan mukjizat yang bisa dilihat dari beberapa segi, di antaranya yaitu:
1)    Segi keindahan susunan dan gaya bahasanya (fashohah dan balaghoh) yang tidak ada bandingannya;
2)    Di dalam Al-Qur’an terdapat berita-berita dan janji-janji mengenai masa yang akan datang; dan
3)    Di dalam Al-Qur’an terdapat pula fakta-fakta ilmiah yang tidak mungkin diketahui manusia di tanah Arab pada waktu itu, tetapi fakta-fakta tersebut dijelaskan dengan tepat dan sekarang diakui kebenarannya.

4.  Mukjizat Al-Qur’an dalam Perspektif Sains
     Al Qur'an adalah kalam Allah Yang Maha Kuasa, Pencipta segala sesuatu dari ketiadaan. Dialah Tuhan yang ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Dalam sebuah ayat, Allah menyatakan dalam Al-Qur'an:
أَفَلاَ يَتَدَبَّرُوْنَ الْقُرْآنَ وَلَوْكَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللهِ لَوَجِدُوْا فِيْهِ اخْتِلفًا كَثِيْرًا (82)
“Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS. Am-Nisaa [4]: 82).

Tidak hanya kitab ini bebas dari segala pertentangan, akan tetapi setiap penggal informasi yang dikandung Al Qur'an semakin mengungkapkan keajaiban kitab suci ini hari demi hari.
     Dalam bukunya, Dr. Maurice Bucaille berkata: “Adalah suatu kenyataan yang penting seperti yang  akan  kita  lihat dalam   fasal   ini   nanti,   bahwa  Al-Qur-an  yang  mengajak memperdalam  Sains.   Al-Qur-an   itu   memuat   bermacam-macam pemikiran   tentang   fenomena  alam,  dengan  perinci  yang menerangkan hal-hal yang secara  pasti  cocok  dengan  Sains modern.  Dalam  hal  ini  tak  ada hal yang serupa itu dalam agama Yahudi dan Kristen.” Selain itu, ia mengatakan bahwa jika kita memperbandingkan pernyataan-pernyataan yang ada di dalam Al-Qur’an dengan penemuan-penemuan genetika, maka makna sesungguhnya ayat-ayat tersebut menjadi sangat jelas.
  Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka semakin banyak penemuan/penelitian yang membuka tabir misteri di alam semesta ini. Dan yang membuat kita berdecak kagum, dan semakin memperkuat keyakinan kita terhadap kebenaran ajaran Islam dan Al-Qur’an adalah ternyata banyak ditemukan fakta-fakta ilmiah yang sebenarnya telah tersurat/disebutkan dalam Al-Qur’an sejak 14 abad tahun yang lalu. Hal ini, sebagaimana firman Allah SWT:

سَنُرِيْهِمْ آيَاتِنَا فِي الآفَاقِ وَفِيْ أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ شَهِيْدٍ

 Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” (QS. Al-Fushshilat [41]: 53)

 5.  Sikap Mencintai Al-Qur’an Sebagai Kitab Allah SWT

v Senantiasa menghormati, memuliakan, dan menjunjung tinggi Al-Qur’an

v Membaca Al-Qur’an di segala kesempatan

v Menghafalkan Al-Qur’an

v Berusaha memahami isi kandungan Al-Qur’an

v Berusaha mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an


خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

 Sebaik-baiknya orang di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Quran

dan mengamalkannya kembali. (HR. Bukhori)

Skema Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT:
Download skema klik DISINI